Perlu Tau! Beda Antara Vitamin D2 dan D3 Serta Sumber dan Fungsinya, Biar Gak Salah Kaprah Lagi


Perlu Tau! Beda Antara Vitamin D2 dan D3 serta Sumbernya, Biar Gak Salah Kaprah||Ilustrasi by RS.Jih.co.id

WERADIO.CO.ID - Vitamin D sering disebut sebagai vitamin sinar matahari.

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D dengan rutin berjemur di pagi hari, selain lewat bentuk suplemen.

Jika Anda memerlukan suplemen vitamin D, Anda akan disodorkan pada dua pilihan, yaitu vitamin D2 dan vitamin D3. Manfaat vitamin D3 dengan vitamin D2 mungkin sedikit berbeda.

Berikut adalah perbedaan vitamin D2 dan D3 yang penting untuk diketahui:

BACA JUGA:Astagfirullah, Wanita Pengendara Honda BeAT ini Tewas di Tempat Pasca Ditabrak Penunggang Moge di Bintaro

1. Sumber vitamin kedua bentuk vitamin D berasal dari sumber yang berbeda. Vitamin D3 hanya ditemukan pada produk hewani sedangkan D2 berasal dari produk nabati dan makanan yang diperkaya.

Adapun makanan sumber vitamin D3 adalah ikan berminyak, kuning telur, mentega, dan suplemen makanan.

Sementara itu, vitamin D2 ditemukan pada jamur yang terkena sinar matahari, makanan yang diperkaya, dan suplemen makanan.

2. Vitamin D3 terbentuk di kulit Kulit memproduksi vitamin D3 saat terkena sinar matahari.

Secara spesifik, radiasi sinar ultraviolet B (UVB) memicu pembentukan vitamin D3 dari senyawa 7-dehydrocholesterol di kulit.

BACA JUGA:Mau Tampil Bugar Ala Atlet Olimpiade Tokyo? Berikut 7 Jenis Cemilan Sehat yang Sering di Konsumsi Sebelum Bertanding

Proses ini juga terjadi pada tanaman dan jamur, yakni UVB membentuk vitamin D2 dari ergosterol, sennyawa yang ditemukan dalam minyak tumbuhan.

Tidak seperti vitamin D yang berasal dari makanan, seseorang tidak bisa overdosis pada vitamin D3 yang diproduksi di kulit.

Ketika tubuh sudah mendapatkan vitamin D3 dalam jumlah cukup, maka kulit hanya akan memproduksi sedikit saat terkena sinar matahari.

3. Suplemen vitamin D2 mungkin memiliki kualitas lebih rendah Para ilmuwan mengemukakan kekhawatiran akan suplemen vitamin D2 yang mungkin memiliki kualitas lebih rindah dibandingkan suplemen vitamin D3.

BACA JUGA:Lukman Sardi Akui Dapat Hidayah Saat Umrah Untuk Memeluk Agama Kristen: Biarlah Tuhan yang Beri Jawaban

Pasalnya, penelitian menunjukkan, D2 lebih sensitif terhadap kelembapan dan fluktuasi suhu. Oleh sebab itu, suplemen vitamin D2 mungkin kualitasnya cenderung menurun seiring waktu.

jakshdkjashdkjashdkjasd
Tag Terkait:
Sumber: