Mau Tampil Bugar Ala Atlet Olimpiade Tokyo? Berikut 7 Jenis Cemilan Sehat yang Sering di Konsumsi Sebelum Bertanding

 


Cemilan Sehat ala Atlet||Pixabay

WERADIO.CO.ID - Siapa bilang para atlet tidak nyemil. Para atlet juga nyemil lho, tetapi tentu saja tidak sembarangan.

 

Semua dihitung termasuk kadar nutrisi, karbohidrat, kalori pada camilan tersebut. Pastinya, mereka menghindari camilan keripik kentang bergaram dan bermicin.

 

Banyak ahli mengatakan bahwa para atlet melakukan terobosan besar. Mereka memperhatikan dengan saksama apa dan kapan mereka makan dan minum.

 

Ini dia panduan dari ahli diet olahragawan, Christine Rosenbloom, Ph.D., R.D., CSSD. terkait camilan yang paling sering dinikmati pada atlet.

BACA JUGA:Tips Paten: 5 Langkah ini Bisa Seimbangkan Waktu Kerja dan Waktu Istirahat Selama WFH

 

  • Susu coklat rendah lemak

 

Susu coklat rendah lemak diminum setelah olahraga berat. Banyak juga tim atlet yang menyediakan protein dan karbohidrat berkualitas tinggi.

 

Ini diperlukan untuk merangsang pertumbuhan otot. Susu sendiri menyediakan 9 nutrisi penting, kalori, protein dalam takaran 1 cangkir.

  • Almond

 

Seberat 1 ons kacang almond menyediakan 170 kalori, 6 gram protein, 3,5 gram serat. Ditambah lagi 75 mg kalsium dan 7,4 mg vitamin E.

Kacang almond mempunyai nutrisi tertinggi dibanding dengan jenis kacang lain.

BACA JUGA:Pasti Sukses! 6 Jenis Pekerjaan ini Cocok Buat Orang Ekstrovert, Karier Dijamin Bersinar Brosis

  • Sereal, susu, dan buah

 

Sereal gandum dan susu rendah lemak menyediakan karbohidrat dan protein. Belum lagi jika ditambah buah.

 

Maka lengkaplah sudah kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

 

Baiknya pilih sereal dari gandum utuh dan dikombinasikan dengan buah. Jadi enggak takut badan kurang bugar.

 

Tapi perlu diingat, camilan ini dimakan saat pembakaran kalori maksimal. Para atlet memang tak lekang dari pembakaran kalori.

Tetapi, meskipun begitu enggak sembarangan juga milih camilan.

BACA JUGA:Manfaat Ulang Tahun Buat Anak, Perlukah Dirayakan? Fakta ini Belum Banyak Diketahui Orang Tua

 

  • Yoghurt rendah lemak

 

Yoghurt Yunani yang rendah lemak lebih kental dibanding yoghurt lainnya. Protein yang dikandungnya 23 gram per porsi.

 

Tetapi kadar kalsiumnya lebih sedikit daripada yoghurt biasa. Tambah buah segar menjadikannya lengkap jika dikonsumsi setelah beraktivitas.

  • Buah ara dan kurma

 

Para atlet juga menyukai kukis. Tapi pilihan kukis terbuat dari buah ara dan kurma. Keduanya mempunyai nilai gizi. Berupa karbohidrat kompleks.

 

Buah ara atau kurma kering serta kismis dikonsumsi untuk peningkatan serat. Ini adalah camilan yang bagus untuk mengisi kembali glikogen pada otot.

 

  • Buah segar dan keju rendah lemak 

 

Irisan apel atau buah pir dicampur keju rendah lemak seperti keju Cabot Vermont 50%. Komposisi ini memberikan protein, kalsium, dan gula alami serta serat pada buah segar. 

BACA JUGA:Gak Cuma Buat Kesehatan Gigi dan Turunkan Berat Badan, VCO Ternyata Punya 11 Manfaat Lain, Cek Yuk Ah!

 

  • Sandwich selai kacang

 

Selai kacang pada roti gandum adalah camilan yang mudah dibawa. Selai kacang mengandung lemak yang baik untuk jantung dan tinggi protein.

 

Popcorn home made juga rendah lemak setara dengan gandum utuh. Camilan ini bisa jadi referensi juga.

 

Ketika popcorn ditaburi keju permesan sebanyak 2 sendok makan dapat menambah protein dan 120 mg kalsium. Hindari campuran yang berasal dari gula seperti karamel.

 

Semua jenis camilan para atlet terhitung sesuai dengan aktivitas geraknya. Kacang almond, popcorn, buah kering, dan sereal gandum utuh adalah yang utama.

Campuran umumnya dengan buah atau sayuran segar yang memberikan rasa berbeda-beda.

 

jakshdkjashdkjashdkjasd
Tag Terkait:
Sumber: