Penting! Jaga Kesehatan Saat Pandemi! 3 Olahraga Ini Direkomendasi untuk Lansia Mengurangi Stres


Di masa pandemi, lansia wajib menjaga stamina dan kesehatan tubuh, 3 olahraga ini bisa jadi rekomendasi|Ilustrasi by Pixabay|

WERADIO.CO.ID - Kasus Pandemi COVID-19 memaksa seluruh kalangan untuk tetap menjaga kesehatan agar tidak terinfeksi virus ini.

Terlebih, varian baru virus corona yang teridentifikasi di Inggris turut menambah kekhawatiran dan angka lonjakan kasus baru.

Memasuki usia 65 tahun ke atas, tantangan dan masalah kesehatan yang dihadapi tentu semakin banyak, tidak jarang tubuh memiliki keluhan kesehatan mulai dari gangguan ringan terhadap fungsi otot dan sendi hingga penyakit berat.

Menurut World Health Organization (WHO), hal yang dapat Anda lakukan dalam menjalani pola hidup sehat harus sesuai dengan golongan usia.

Banyak cara untuk menjalani pola hidup sehat, seperti mengatur pola makan, memanfaatkan waktu istirahat hingga aktivitas fisik seperti berolahraga.

BACA JUGA:'Puas' Buron Selama 15 Tahun, Akhirnya Josef Tjahjadjaja si Pembobol Bank Mandiri Rp 120 M Ditangkap Kejagung

Perlu diketahui, olahraga merupakan aktivitas fisik jasmani dan rohani yang dapat dilakukan manusia demi menjaga kesehatan dan memelihara imunitas tubuh.

Dalam usia yang tidak lagi muda bukan berarti Anda menomorduakan aktivitas fisik, lansia justru dianjurkan untuk tetap konsisten melakukan ativitas fisik sebab manfaatnya yang baik bagi kebugaran dan psikologis lansia.

Manfaat olahraga antara lain, mampu memperkuat masa otot, menjaga kesehatan dan fungsi otak, mengurangi stres, dan mampu mencegah resiko gangguan mental.

Banyak jenis olahraga ringan yang dapat Anda lakukan di rumah, berikut rekomendasi olahraga yang aman bagi lansia:

BACA JUGA:Serukan Dukungan Terhadap Perjuangan Palestina di KTM GNB, Menlu RI Sebutkan Tiga Poin Penting ini

1. Berjalan Kaki
Berjalan kaki merupakan aktivitas fisik paling mudah dan sederhana yang bisa Anda lakukan di mana saja.

Berjalan kaki sangat bagus dilakukan pagi atau sore hari, Anda bisa melakukan olahraga ini di sekitaran rumah.

Selain bermanfaat untuk fisik, aktivitas berjalan kaki baik untuk psikologis dan mental Anda. Sebuah studi mengungkap bahwa untuk membantu mencegah resiko Alzheimer dan mengurangi pikun cukup lakukan aktivitas berjalan kaki secara rutin.

BACA JUGA:Angkat Laksda TNI Anwar Saadi Jadi Jampidmil Kejagung, ST Burhanuddin: Kerja Korps Adhyaksa Akan Makin Baik

2. Bersepeda
Dua tahun terakhir, bersepeda menjadi kegiatan yang kembali eksis terlebih di masa pandemic COVID-19.

Pasalnya bersepeda dipercaya mampu untuk meningkatkan imunitas tubuh, bersepeda juga merupakan salah satu olahraga sederhana yang bisa dilakukan semua kalangan.

Bersepeda memiliki manfaat bagi tubuh seperti, meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan imunitas tubuh, memperbaiki otot kaki, memperbiki fungsi kerja paru-paru serta membantu menurunkan berat badan.

3. Yoga
Yoga merupakan salah satu aktivitas fisik yang mengombinasikan antara pernafasan, meditasi, gerakan dan relaksasi. Walaupun terlihat simple, yoga ternyata memiliki manfaat juga bagi lansia dalam menjaga kebugaran tubuh.

BACA JUGA:Bongkar Kasus Lahan Rusun di Munjul, Ferdinand Singgung Anies: Panggil Segera, Periksa dan Naikkan Statusnya Jadi Tersangka

Beberapa manfaat yoga antara lain dapat mengurangi stress, meningkatkan fokus, dan yang terpenting mampu menenangkan pikiran sehingga lnsia bisa lebih awet muda.

jakshdkjashdkjashdkjasd
Tag Terkait:
Sumber: