Blak-Blakan! Dr. Tirta Beberkan Soal Obat Invermectin yang diklaim Ampuh Sembuhkan Covid-19, Karena Ternyata Faktanya Begini!


dr.Tirta blak-blakan bongkar fungsi sesungguhnya obat invermectin, jangan asal konsumsi|Instagram  dr.Tirta

RENDINGNEWS.ID - Blak-Blakan! Dr. Tirta Beberkan Soal Obat Invermectin yang diklaim Ampuh Sembuhkan Covid-19, Karena Ternyata Faktanya Begini!

Seorang influencer, dr. Tirta Mandira Hudhi, berbicara tentang Ivermectin di akun sosial media Instagram miliknya.

Dalam unggahannya, pengusaha cuci sepatu yang sudah menjadi selebgram ini sangat menyayangkan klaim yang dilakukan beberapa pihak yang mengatakan obat Ivermectin manjur untuk pengobatan yang sedang ramai jadi perbincangan.

Unggahan pada 07 Juli 2021, berupa video yang diberi caption "Sekilas yang masih tanya2 ivermectin, sekedar meluruskan Ivermectin merupakan salah satu obat dengan tanda merah (keras) dan buat basmi cacing. Penggunaan berlebihan belum direkomendasikan.

Hanya sebatas uji klinis, cari informasi yg tepat, jangan meminum obat sendiri tanpa resep dan panduan yg jelas, karena bisa berbahaya buat tubuh anda."

(BACA JUGA:Terbukti Positif Narkoba, Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Diciduk Polisi, Begini Kronologi Penangkapan Keduanya)

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Cipeng | TIRTA (@dr.tirta)

Akibatnya dari klaim yang menyesatkan ini, menurut dr Tirta akhirnya banyak masyarakat yang kemudian memborong Ivermectin hingga habis.

Lebih jauh diterangkan oleh selebgram dan pengusaha sepatu yang mempunyai gelar dokter ini,  bahwa Organisasi kesehatan dunia (WHO) dan pengawas obat dari negeri Amerika (FDA) tidak menyarankan Ivermectin sebagai obat untuk menangkal Covid-19.

Bahkan menurutnya yang juga terkenal sebagai aktivis kesehatan ini, banyak jurnal medis dari berbagai dokter dari luar negeri juga turut angkat suara terkait efektivitas Ivermectin.

(BACA JUGA:Bela Luhut Soal TKA China, Ferdinand Sebut Ketum PB SEMMI Jangan Asal Ngomong! Bintang Wahyu Tatang Debat Terbuka?)

"Beberapa referensi jurnal yang ada di dunia ini, termasuk FDA, menyarankan, Ivermectin tidak direkomendasikan sebagai obat Covid-19, tetapi hanya sebatas uji klinis.

Jadi, kalau ada yang mengatakan Ivermectin sebagai obat Covid-19 itu harus diteliti ulang," kata Tirta.

Lulusan UGM ini menambahkan, berdasarkan penelitian, Ivermectin adalah obat cacing parasit yang perlu diuji klinis lebih lanjut.

Terkait pasien Covid-19 yang sembuh setelah mengonsumsi Ivermectin, dr Tirta mengingatkan, Covid-19, yang disebabkan virus corona SARS-CoV-2, merupakan self-limiting disease, atau penyakit yang dapat sembuh sendiri.

(BACA JUGA:Heboh! Maria Vania Unggah Foto Seksi saat di Kolam Renang di Instagramnya, Ehemm.. Begini Komentar Netizen Cowok!)

"Yang obatnya rata-rata hanya mengurangi aktivitas virus dan mengurangi gejala. Tidak ada satu pun obat yang membunuh virus," jelas dr Tirta.

Menutup videonya, dr Tirta menegaskan, "Hati-hati mengeluarkan statement. Jangan glorifikasi."

jakshdkjashdkjashdkjasd
Tag Terkait:
Sumber: