Tips Aman Berkendara Buat Perempuan, Pahami Area Blid Spot dan Ikut 7 Langkah ini Agar Terhindar dari Kecelakaan


Tips buat lady bikers atau pengendara perempuan, pahami blindspot dan cara menghindarinya||AHM

Trendingnews.Id -  Dimensinya yang kecil, lincah dan efektif memangkas waktu tempuh, sepeda motor menjadi alat transportasi favorit masyarakat di kota besar.

Penggunanya pun tak hanya pria, tapi juga wanita, bahkan para anak muda untuk dipakai beraktivitas sehari-hari.

Namun, di balik kelebihannya itu, tersembunyi bahaya yang selalu mengintai ketika digunakan di jalan raya yang padat atau jalan utama.

Khusus pengendara wanita atau lady bikers yang banyak beraktivitas di jalan raya menggunakan motor, penting memahami teknik berkendara yang aman saat di jalan.

(BACA JUGA:Tagar #ByeByeIkatanCinta Trending Topic Hari ini, Netizen pun Geram dan Menduga itu Ulah Buzzer Bayaran? )

Salah satu yang perlu dipahami adalah istilah blind spot alias titik buta, yakni ketika keberadaan Anda tidak bisa terpantau mata pengemudi atau pengendara lain yang kendaraannya lebih besar.

Hal itu jelas berbahaya buat Anda, karena ketika pengemudi kendaraan yang lebih besar ini menikung tiba-tiba baik itu ke kiri dan ke kanan, bisa jadi Anda malah tergencet dan (amit-amit), bisa tersenggol, jatuh lalu berpotensi terlindas. Wah, ngeri kan?   

Seperti dibilang Johanes Lucky, Manager Safety Riding AHM,  "Seringkali  pengendara  kurang  berhati-hati  ketika  berada  di  samping  atau  belakang kendaraan  yang  memiliki  ukuran  besar  sehingga  tanpa  sadar  pengendara sepeda  motor berada   pada   posisi blind   spot yang   berpotensi   terlibat   dalam   kecelakaan   ketika berkendara.”

Dampak dari blind  spot atau titik  buta ini sering kali terjadi, banyak kecelakaan dialami, terutama para ladies pengendara motor kerap jadi korban.

(BACA JUGA:Tanggapi PTM Terbatas, KPAI Beri Usul Sekolah Tatap Muka Hanya 1 Hari Saja Per Minggu, Kalau Sudah Patuh Prokes Bisa Ditambah )

Nah, untuk  menekan  potensi  terjadinya  kecelakaan akibat titik buta tersebut, berikut tips untuk mengantisipasinya:

1. Pahami dan ketahui area blind spot kendaraan kita dan juga kendaraan lain dengan mengikuti  pelatihan  safety  riding  agar  mampu  memprediksi  bahaya  apa  saja  yang  dapat terjadi  ketika  berkendara.  

Salah  satu  tempat  pelatihan  safety  riding  yang  tersedia  saat  ini bisa ditemui di AHM Safety Riding Park, Deltamas, Cikarang, Jabar.

2. Pastikan  area blind  spot kita  secara  visual  dengan  melihat  ke  kanan  atau  ke  kiri sebelum  berubah  arah  atau  lajur  kendaraan.  

(BACA JUGA:Program PTM Terbatas Bisa Dijalankan, Budi Gunadi Sampaikan 4 Syarat Harus Diterapkan Sesuai Anjuran Presiden Jokowi)

Alternatif  lainnya,  dapat  juga  memasang spion tambahan untuk meminimalisasi area blind spot kita.

Tag Terkait:
Sumber: