Foto Sekelompok Pemotor 'Nongkrong' di Jalur Penyelamat Bikin Netizen Geram: Gini Lo, Fungsi Emergency Safety Area


Tak paham fungsi jalur penyelamat, sekelompok pemotor ini malah pakai buat nongkrong||Twitter @hibooran

"Aksi nongkrong-nongkrong pengendara motor di jalur penyelamat mengundang netizen geram. Fotonya pun viral di medsos,"

TRENDING NEWS:  Foto sekelompok pemotor sedang berkumpul di sebuah ruas jalan mendadak trending di medsos. 

Gegaranya, ruas jalan yang dipakai nongkrong sekelompok pemotor tersebut merupakan jalur penyelamat.

Konyolnya, sekumpulan orang yang menggunakan motor ini tengah parkir sambil mengobrol di jalur tersebut dengan santainya.

Seperti diketahui, jalur penyelamat atau emergency safety area memiliki fungsi sebagai peredam laju kendaraan yang hilang kendali atau mengalami rem blong. 

BACA JUGA:Trending! Monumen Kapsul Dibilang Markas Avengers, Netizen: Mirip Banget, Apalagi Kalau Dilihat dari Atas

Jalur seperti itu biasanya ditemukan di daerah turunan yang cukup terjal dan jalan tol.

Nah, jika tidak sedang dalam kondisi darurat, jalur penyelamat tidak boleh digunakan untuk kegiatan apapun oleh pengendara atau masyarakat yang ada di sekitar tempat itu. 

Bisa begitu, karena selain akan membahayakan diri mereka, juga mengganggu bagi pengendara yang betul-betul membutuhkan jalur itu.

Foto kegiatan pengendara  motor di jalur penyelamat menjadi trending setelah diunggah sebuah akun Twitter @hibooran, hingga membuat warganet kesal.

BACA JUGA:Akhirnya! Tretan Muslim Beberkan Saat Awal Coki Pardede Ketahuan Pakai Narkoba Sabu: Curiga dari Gerak-Geriknya!

“Bisa membaca tapi tidak bisa memahami apa yang dibaca,” tulis akun @hibooran pada tanggal 29 Agustus 2021.

Sindiran ini ditujukan pada orang-orang yang ada di dalam foto karena mereka justru menggunakan jalur penyelamat sebagai tempat singgah sementara.

“Tolong bantu share karena tidak tau tentang ini (jalur penyelamat). Foto ini contohnya!” tulis pemilik akun dalam foto itu.

Postingan ini merupakan bentuk kepedulian pemilik akun dan juga sebagai caranya agar masyarakat lebih sadar akan pentingnya rambu-rambu yang ada di lalu lintas karena ternyata masih banyak masyarakat yang tahu tentang rambu-rambu ini.

BACA JUGA:Asik! Bank Indonesia Berikan Kemudahan Driver Ojol Gunakan Fasilitas Kredit, Begini Syaratnya

Berkat cuitan Twitter tersebut, banyak akun yang ikut buka suara mengenai hal ini. 

Beberapa dari mereka turut mengadukan bahwa mereka masih sering melihat pemandangan kumpulan pengemudi di jalur penyelamat beberapa wilayah Indonesia.

“Sopir niatnya masuk jalur penyelamat biar gak ada korban, ehh malah banyak korban ntar,” akun @ajriMuhaikal menyindir kelakuan para pengemudi tersebut melalui unggahannya.

Tidak hanya bentuk sindiran, tetapi beberapa akun juga mengedukasi warganet yang belum mengetahui fungsi dari jalur penyelamat, salah satunya adalah akun @asanethew.

BACA JUGA:Segera Digelar di Papua, 7 Fakta Menarik Penyelenggaraan PON XX ini Malah Bikin Warganet Kagum, Kenapa?

Akun tersebut memposting video yang memperlihatkan penggunaan jalur penyelamat ketika kendaraan mengalami rem blong dengan tulisan, “Buat yang gak tau itu (jalur penyelamat) pemakaiannya kayak apa, kurang lebih kayak gini. (Nelsya)

jakshdkjashdkjashdkjasd
Tag Terkait:
Sumber: