Terjawab! Ternyata Pakai Masker Dobel Efektif Cegah Virus Masuk Saluran Pernafasan, Begini Cara Pakai yang Benar!


Penggunaan masker dober terbukti cegah virus masuk ke saluran pernafasan|Pixabay|

WERADIO.CO.ID - Banyak cara untuk mencegah penularan Covid-19, memakai masker salah satunya. Banyak jenis masker yang umum dipakai, yakni masker bedah, masker kain dan masker KN95.

Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia yang terjadi pada Juni hingga Juli 2021 membuat banyak orang berinisiatif untuk menggunakan dua masker. Namun apakah pemakaian masker dobel lebih efektif mencegah Covid-19?

Menurut beberapa ahli menggunakan dua masker dapat mencegah terjadinya 'kebocoran' udara, sehingga kecil kemungkinan virus dapat masuk melalui sistem pernafasan.

(BACA JUGA:Ngeri! Indonesia Duduki Peringkat ke-2 Kasus Covid-19 Tertinggi di Dunia Setelah India, Totalnya 2,3 Juta Kasus)

"Cara mudah untuk melakukannya adalah satu lapis masker digunakan sebagai filter, lalu lapis kedua masker digunakan sebagai sistem penyaringan untuk membantu melindungi diri Anda dan orang lain," terang Anita Gupta, DO, PharmD, MP, asisten profesor anestesiologi dan pengobatan perawatan kritis di Universitas Johns Hopkins, Amerika Serikat, seperti dikutip dari Travel and Leisure, 29 Januari 2021.

"Memakai masker lebih baik daripada tidak menggunakan masker. Dan jika Anda memakai dua masker, itu akan meningkatkan kekuatan filter dan membantu mencegah virus memasuki saluran pernapasan Anda. Hal itu juga berrgantung pada masker yang digunakan dan kualitasnya," tambahnya.

Kemudian menurut pendidik keperawatan Deborah Weatherspoon, Ph.D., RN, CRNA, melalui Healthline, 4 Maret 2021. Banyak jenis masker yang saat dipakai masih meninggalkan celah. Melalui celah tersebut, udara masih bisa keluar dan masuk.

(BACA JUGA:Alhamdulillah, Arab Saudi Segera Hidup Normal Pasca Gempuran Covid-19, Indonesia Segera Menyusul?)

Pemakaian masker yang tidak sempurna memungkinkan udara yang terkontaminasi virus keluar atau masuk ke dalam masker. Masker kedua yang dipakai di luar akan lebih menekan masker di dalamnya sehingga setiap celahnya bisa ditutupi.

Peningkatan filtrasi Virus penyebab Covid-19 dapat menyebar melalui tetesan pernapasan ketika seseorang berbicara, batuk, dan bersin. Lapisan masker dobel membantu meningkatkan daya filtrasi.

jakshdkjashdkjashdkjasd
Tag Terkait:
Sumber: