Tandai Hari Antariksa ke-8, LAPAN Ajak Masyarakat Lestarikan Langit Gelap, Matikan Lampu 1 Jam


Sambut Hari Antariksa ke-8, LAPAN ajak masyarakat matikan lampu sejenak||lapan.go.id

WERADIO.CO.ID -  Menyambut hari antariksa nasional ke-8, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengajak masyarakat untuk turut bergerak melestarikan langit gelap.

Caranya, dengan mematikan lampu sejenak selama satu jam dari 20.00-21.00 waktu setempat, pada 6 Agustus 2021.

Gerakan ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan hari keantariksaan nasional yang jatuh pada tanggal yang sama.

Selain mematikan lampu sejenak, hari peringatan hari keantariksaan nasional juga akan dimeriahkan dengan webinar bertajuk Progres Keantariksaan Indonesia dan talkshow malam langit gelap yang diiringi pengamatan virtual.

BACA JUGA:Sambut HUT Kemerdekaan RI ke 72, BUMN Bersama Pegadaian Gelar Promo Cashback Hingga Rp 30 Juta Untuk Guru dan ASN

Webinar Progres Keantariksaan Indonesia akan dilaksanakan pukul 09.00-11.30 WIB yang akan diisi oleh Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dr. Laksana Tri Handoko.

Lalu ada juga Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, Sekretaris Utama LAPAN Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih, Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarti.

Tak ketinggalan Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa LAPAN Dr. Rika Andiarti, dan Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer Halimurrahman M.T.

Dimoderatori Kepala Biro Kerja Sama, Hubungan Masyarakat, dan Umum LAPAN Christianus R. Dewanto, M.Eng.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Putuskan PPKM Lanjutan Sampai 9 Agustus 2021: Segera Dipercepat Penyaluran Bansos PKH, BST dan BLT

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti webinar dapat melakukan registrasi melalui bit.ly/HariKeantariksaan_8 atau dapat pula menyaksikan melalui kanal youtube LAPAN RI.

Malamnya, acara akan dilanjutkan dengan pengamatan virtual malam langit gelap yang akan disiarkan langsung melalui kanal youtube LAPAN RI.

Pengamatan ini akan dimeriahkan pula dengan talkshow malam langit gelap. Siaran melalui youtube dapat mulai disaksikan pukul 18.00 – 21.00 WIB.

Hari Keantariksaan Nasional yang diperingati tiap 6 Agustus ini didasari karena disahkannya Undang-undang Keantariksaan pada 2013 silam.

BACA JUGA: Moeldoko Layangkan Dua Kali Somasi ke ICW, Gegara Adanya Tudingan Polemik Atas Kelangkahan Obat Invermectin

Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 itu menjadi payung hukum bagi kegiatan keantariksaan di Indonesia.

Dengan adanya Undang-Undang Keantariksaan, seluruh kegiatan pengembangan sains dan teknologi antariksa di Indonesia memiliki pondasi yang kuat.

Tentunya di peringatan yang ke-8 ini diharapkan akan masyarakat akan mengetahui bahwa Indonesia telah memiliki UU Keantariksaan dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya keberadaan malam langit gelap.

jakshdkjashdkjashdkjasd
Tag Terkait:
Sumber: