Simak! 6 Tips Ampuh Ini Bisa Buat Wajah Tetap Cantik dan Bebas Jerawat Meski Pakai Masker


Cara merawat wajah demi hindari jerawat ||pixabay

Simak! 6 Tips Ampuh Ini Bisa Buat Wajah Tetap Cantik dan Bebas Jerawat Meski Pakai Masker

WERADIO.CO.ID - Penggunaan masker dalam waktu yang lama membuat kulit wajah terus bergesekan dengan masker. Gesekan ini memicu terjadinya iritasi kulit, sehingga kulit wajah akan meradang dan jerawat pun lebih mudah muncul.

Selain itu, menghela napas dan berbicara saat menggunakan masker juga akan menjebak hawa panas yang membuat kulit wajah menjadi terlalu lembap.

Kondisi ini tidak hanya menyebabkan pori-pori tersumbat, tetapi juga mempermudah bakteri dan kuman untuk berkembang biak.

Cara mengatasi jerawat akibat penggunaan masker dilakukan dengan memperhatikan penggunaan masker dan kebersihan wajah.

Penggunaan masker yang tidak tepat, seperti masker bedah yang digunakan berulang kali atau masker kain yang dicuci asal-asalan bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan kuman.

Berikut cara menghilangkan jerawat karena masker:

BACA JUGA:Pasti Sukses! 6 Jenis Pekerjaan ini Cocok Buat Orang Ekstrovert, Karier Dijamin Bersinar Brosis

1. Jangan Pakai Masker yang Sama Berulang Kali

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab jerawat akibat penggunaan masker adalan penggunaannya yang tidak tepat.

Penggunaan masker bedah yang digunakan berulang kali atau masker kain yang dicuci asal-asalan bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan kuman.

Jadi, untuk masker yang sekali pakai, seperti masker bedah atau masker N95, pakai satu kali saja, jangan berulang-ulang.Ganti maskermu jika dirasa sudah terlalu lembap.

Sementara itu, untuk masker kain, sebaiknya kamu punya lebih dari satu masker. Supaya satu masker dicuci dan dijemur, kamu punya cadangan masker yang bersih.

Jangan menggunakan kembali masker yang sudah dipakai, sebelum dicuci. Cucilah masker kain dengan air panas untuk membunuh kuman yang menempel pada permukaan kain.

BACA JUGA:Manfaat Ramuan Bawang Putih Disaat Wabah Covid-19, 5 Penyakit ini Wajib Mengkonsumsinya, Coba Deh!

2. Memastikan Kulit Terhidrasi

Sebelum mengenakan masker, pastikan kulit wajah sudah cukup terhidrasi dengan menggunakan rangkaian produk perawatan kulit favorit.

Menggunakan tabir surya juga dapat memberikan perlindungan ekstra pada kulit, terutama ketika hendak pergi ke luar rumah. Pastikan juga menggunakan pelembap wajah secara rutin untuk menjaga hidrasi kulit.

BACA JUGA:Bahaya! Menyendiri Saat Isoman Dapat Timbulkan Depresi Loh, Simak 5 Tips Berikut Ini Agar Terhindar dari Kesepian

3. Segera Bersihkan Wajah Setelah Menggunakan Masker

Cara mengatasi jerawat akibat penggunaan masker selanjutnya adalah segera membersihkan wajah. Setelah seharian beraktivitas di luar rumah menggunakan masker, bersihkan wajah dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

jakshdkjashdkjashdkjasd
Tag Terkait:
Sumber: