Agar Dompet Tidak Jebol, 5 Tips ini Bisa Mengendalikan Kamu dari 'Kecanduan' Belanja Online


Ilustrasi ketagihan belanja lewat online||freepik.com

WERADIO.CO.ID - Pandemi Covid-19 mengubah sejumlah perilaku masyarakat. Salah satu perubahan yang paling kentara adalah kecenderungan orang untuk belanja online dan menggunakan metode pembayaran digital.

Sayangnya, kehadiran situs belanja online dapat merusak kesehatan finansial. Bila aktivitas belanja tidak dikontrol dengan baik, pengeluaran bisa membengkak secara tiba-tiba. Atau bahkan berpotensi menimbulkan utang.

Tapi tenang, ada banyak trik jitu yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketagihan belanja online.

BACA JUGA:Betul Gak? 5 Zodiak ini Masuk Kategori Pemberani, Kalian Termasuk yang Mana?

1. Sisihkan Budget Khusus untuk Belanja Online

Ketika mendapatkan gaji ada baiknya kamu langsung membagi uang tersebut untuk berbagai pengeluaran pokok seperti tagihan atau belanja barang bulanan. Kamu juga harus menyisihkan budget khusus untuk belanja online.

Misal dalam sebulan kamu menyisihkan Rp 500 ribu untuk belanja online, maka kamu tidak boleh checkout barang belanjaan melebihi budget yang sudah kamu siapkan. Jika melebihi jatah belanja yang kamu sisihkan, bisa jadi kamu akan kekurangan uang di akhir bulan.

BACA JUGA:Pasti Sukses! 6 Jenis Pekerjaan ini Cocok Buat Orang Ekstrovert, Karier Dijamin Bersinar Brosis

2. Jangan Terlalu Sering Buka Situs Belanja Online

Membuka situs belanja online memang asyik. Selain mampu menghilangkan suntuk sesaat dan mengisi waktu luang, Anda juga selalu up to date dengan koleksi dan tren terkini.

Tapi jangan salah, terlalu sering membuka situs belanja online justru dapat meningkatkan keinginan untuk belanja, lo! Akibatnya, upaya untuk mengurangi kebiasaan belanja online jadi gagal total.

Sebelum hal ini terjadi, lebih baik jangan terlalu sering membuka situs tersebut. Sebaiknya manfaatkan waktu luang untuk kegiatan yang lebih berguna.

BACA JUGA:Manfaat Ramuan Bawang Putih Disaat Wabah Covid-19, 5 Penyakit ini Wajib Mengkonsumsinya, Coba Deh!

3. Jangan Terkecoh Diskon Spesial

Hampir semua situs belanja online menawarkan diskon spesial bagi konsumen. Diskon bisa didapatkan untuk pembelian yang sudah mencapai jumlah minimum, misalnya Rp 399 ribu atau Rp 499 ribu.

jakshdkjashdkjashdkjasd
Tag Terkait:
Sumber: