Manfaat Ulang Tahun Buat Anak, Perlukah Dirayakan? Fakta ini Belum Banyak Diketahui Orang Tua


Manfaat Ulang Tahun Buat Anak Ada Banyak Hal, Fakta ini Ayah-Bunda Perlu Tau||dok.orami.co.id

WERADIO.CO.ID - Ketika hari ulang tahun anak mendekat, beberapa orangtua sering merasa bersemangat dan mempersiapkan diri terlebih dahulu untuk merayakan acara tersebut.

Namun nyatanya, merayakan ulang tahun anak menjadi suatu hal yang penting menurut sains. Dr. Jacqueline Woolley mengungkapkan pentingnya merayakan ulang tahun dengan cara yang bermakna.

Dalam penelitiannya, Wooley juga menemukan sejumlah manfaat dari merayakan pesta ulang tahun. Beberapa di antaranya adalah meningkatnya kepercayaan diri.

Ketika seorang anak merasa dirayakan, mereka juga merasa dicintai dan bermakna dalam Peran keluarga mereka. Ulang tahun mereka menjadi penting dalam kehidupan orangtuanya.

BACA JUGA:Mengerikan! Hasil Rontgen Paru-paru Pasien Covid-19 Usai Divaksin dan Belum, Dokter Asal China Ungkap Hal Ini Sebenarnya

Perayaan ulang tahun juga dapat memperkuat ikatan keluarga. Memiliki tradisi keluarga adalah suatu hal yang positif.

Tidak peduli seberapa besar perayaan itu, satu hal yang menjadi penting adalah rasa kebersamaan untuk merayakan sesuatu yang istimewa.

Selain itu, merayakan ulang tahun juga dapat membangun hubungan sosial. Mengundang beberapa teman, kakek-nenek, atau seluruh keluarga ke pesta ulang tahun membantu anak untuk berhubungan lebih baik melalui perasaan persahabatan dan kebaikan.

Kemudian, dengan adanya perayaan ulang tahun, momen tersebut dapat menciptakan kenangan positif.

BACA JUGA:Ngeri-Ngeri Sedep! Gorengan Dibungkus Kertas Bekas Hasil Tes PCR Covid-19, Netizen Langsung Heboh!

Sebuah studi tentang kenangan mengatakan bahwa sebagian besar kenangan masa kanak-kanak bukan benar-benar kenangan, melainkan memori yang dibuat dari banyak data yang dikumpulkan dari sumber yang berbeda dengan cara yang tidak disadari, seperti sensasi, bau, dan musik.

Jadi, menciptakan kenangan dari sebuah perayaan bisa menjadi sesuatu yang sangat bermakna.

Anak-anak tidak menyadari pertumbuhan mereka jika tidak melalui orang lain. Itulah mengapa ulang tahun adalah cara yang bagus bagi mereka untuk menemukan proses tumbuh dewasa.

Selain itu, Ayoe Sutomo, M. Psi, Psikolog juga mengatakan perayaan ulang tahun dengan tiup lilin dan potong kue membuat anak merasa istimewa, diperhatikan, dan disayang.

BACA JUGA:Petugas Lapas Berhasil Gagalkan Penyelundupan 51 Gram Sabu di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pontianak

Perasaan seperti ini penting untuk anak karena dapat mempengaruhi cara mereka memandang diri mereka dan juga lingkungan sekitar.

Selain merayakan ulang tahun yang hanya setahun sekali, orang tua juga bisa menciptakan momen-momen istimewa dengan anak.

Tidak harus mewah, cara sederhana dengan membuatkan makanan spesial buat anak pun bisa menjadi bermakna.

jakshdkjashdkjashdkjasd
Tag Terkait:
Sumber: