Bahaya! Menyendiri Saat Isoman Dapat Timbulkan Depresi Loh, Simak 5 Tips Berikut Ini Agar Terhindar dari Kesepian

 


ilustrasi kesepian disaat Isolasi madiri||pixabay: @minanfotos

WERADIO.CO.ID - Padahal tanpa disadari kesepian bisa berdampak sangat buruk pada kesehatan. Menurut penelitian dari Indian Journal of Psychiatry pada 2013, kesepian sama seperti dengan merokok 15 batang sehari artinya sama-sama berbahaya.

 

Dalam penelitian tersebut, orang yang kesepian berisiko 50% lebih tinggi mengalami kematian dini, dibandingkan orang punya hubungan sosial yang baik.

 

“Ada beberapa alasan kesepian dapat menyebabkan kematian dini. Pertama, kesepian kronis dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko Anda mengalami berbagai penyakit. Kesepian juga meningkatkan risiko peradangan di tubuh dan dapat berujung pada penyakit kronis,” kata dr. Nadia Octavia kepada KlikDokter.

BACA JUGA:Olahraga Vs Sarapan, Mana yang Harus Dilakukan Lebih Dulu? Jawaban Ahli ini Bikin Kamu Paham!

 

Jika berlangsung secara terus-menerus terlebih saat menjalani karantina mandiri, hal ini dapat memicu terjadinya masalah kesehatan mental, seperti depresi, gangguan kecemasan sosial, hingga gangguan makan dan pencernaan.

 

Berikut tips untuk menjaga agar diri tak merasa kesepian saat isolasi mandiri :

 

1.       Jaga komunikasi dengan teman, rekan kerja, keluarga dan pacar. Saling bertukar kabar dan memberi pesan menjadi hal yang menyenangkan terlebih saat isolasi mandiri.

 

Teknologi yang canggih kamu bisa memanfaatkan media sosial whatsapp dengan video call, zoom meeting atauj video call melalui instagram.

BACA JUGA:Fakta Terkini: Ternyata Tidur Siang Punya Banyak Manfaat, Cek Durasi yang Dianjurkan

 

2.      Tetap melakukan hal positif, dengan melakukan hal-hal kreatif dan positif tentu bermanfaat untuk mengusir sepi. Anda bisa menulis, menggambar, atau bermain musik.

 

3.      Buat perencanaan, selama beraktivitas di dalam kamar pasti akan terasa menjenuhkan terlebih waktu isolasi yang terbilang cukup lama. Anda bisa menyiasatinya dengan membuat jadwal kegiatan setiap harinya, jangan lupa untuk melakukan hal yang disukai.

 

4.      Ketahui keadaan emosi diri sendiri, dengan mengetahui keadaan emosional kamu bisa lebih bijak dalam bertindak. Beri stimulus positif pada diri sendiri, bahwa pandemi hanya sementara dan akan segera berakhir. 

BACA JUGA:Asyik! Keuangan dan Karier 5 Zodiak ini Lagi Bersinar, Tapi Harus Tetap Ingat Beberapa Hal ini

 

5.      Menjaga pola istirahat, hal ini agar kamu terhindar dari stres

 

jakshdkjashdkjashdkjasd
Tag Terkait:
Sumber: