Perlu Tau Nih! 9 Fakta Unik Soal Vaksinasi Covid-19 di Indonesia, Biar Anda Makin Paham dan Gak Termakan Hoax

WERADIO.CO.ID - Perlu Tau Nih! 9 Fakta Unik Soal Vaksinasi Covid-19 di Indonesia, Biar Anda Makin Paham dan Gak Termakan Hoax

Sejalan dengan gencarnya distribusi vaksin COVID-19 di Indonesia, pemerintah berharap masyarakat terus waspada dan teliti dalam menyaring segala informasi tentang vaksinasi COVID-19.

Pasalnya, tidak sedikit beredar informasi palsu tentang program vaksinasi COVID-19 di Tanah Air.

Dengan adanya informasi yang akurat, diharapkan target vaksinasi, khususnya para pelaku industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memiliki pengetahuan yang benar dan terpercaya.

Sehingga, dapat meningkatkan kesadaran untuk turut serta mengikuti vaksinasi sebagai upaya menekan angka pertumbuhan COVID-19.

BACA JUGA:Blak-Blakan! Dr. Tirta Beberkan Soal Obat Invermectin yang diklaim Ampuh Sembuhkan Covid-19, Karena Ternyata Faktanya Begini!

Banyak fakta menarik dari vaksin yang belum diketahui masyarakat luas, berikut kami rangkum beberapa fakta menarik vaksinasi COVID-19 di Indonesia yang tentunya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya :

1. Vaksinasi Berbeda Dengan Imunisasi

Vaksinasi dan imunisasi adalah dua hal berbeda. Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin melalui suntikan maupun diteteskan ke dalam mulut, yang bertujuan untuk meningkatkan produksi antibodi dalam menangkal penyakit atau virus.

Sedangkan imunisasi adalah proses tubuh dalam mencapai kekebalan terhadap suatu penyakit atau virus. Imunisasi terbagi menjadi imunisasi dua, yaitu aktif dan pasif. Vaksinasi termasuk dalam imunisasi aktif sebagai upaya memicu tubuh mengeluarkan antibodi terhadap penyakit tertentu.

BACA JUGA:Terbukti Positif Narkoba, Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Diciduk Polisi, Begini Kronologi Penangkapan Keduanya

2. Cara Kerja Vaksin COVID-19

Vaksin COVID-19 membantu kita untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan cara mengaktifkan respons terhadap virus SARS-CoV-2 atau Corona.

Cara kerja vaksin adalah melatih sistem kekebalan tubuh dengan mengenali dan memerangi virus tersebut. Untuk melatih sistem kekebalan tubuh tersebut, molekul tertentu dari virus harus dimasukkan dulu ke dalam tubuh guna memancing respons imun.

Molekul virus tersebut, sudah dilemahkan sehingga aman buat tubuh penerima vaksin.

3. Vaksin COVID-19 Aman dan Halal

Saat vaksin COVID-19 pertama kali didatangkan ke Indonesia, keamanan dan kehalalan vaksin sempat dipertanyakan. Namun perlu dipahami, seluruh vaksin yang disebarkan di sini telah dipastikan lulus uji klinis oleh BPOM.

BACA JUGA:Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19, Puan Minta Pemerintah Segera Bangun RS Darurat Covid-19

Selain itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa yang menegaskan bahwa vaksin COVID-19 suci dan halal. Sehingga aman dan disarankan untuk digunakan demi kesehatan bersama.

4. Vaksin Membentuk Herd Immunity

WHO menyatakan bahwa kekebalan komunitas (herd immunity) dapat dicapai melalui vaksinasi. Vaksin akan membentuk herd immunity jika minimal 70% orang telah divaksin.

jakshdkjashdkjashdkjasd
Tag Terkait:
Sumber: