Alhamdulillah, Layanan Telemedicine Sudah Bisa Diakses Mulai Hari ini, Konsultasi Pasien Covid-19 jadi Mudah

TRENDINGNEWS - Alhamdulillah, Layanan Telemedicine Sudah Bisa Diakses Mulai Hari ini, Konsultasi Pasien Covid-19 jadi Mudah

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mulai melakukan uji coba layanan telemedicine.

Layanan ini untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak jauh bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah maupun pusat pelayanan kesehatan DKI Jakarta.

Fasilitas konsultasi dokter hingga pengiriman obat diberikan gratis melalui layanan ini. Untuk lebih optimal, Kemenkes telah bekerjasama dengan 11 platform digital atau startup layanan telemedicine di Indonesia.

Dalam siaran resmi, Kemenkes membahas layanan telemedicine ini bertujuan agar dokter dapat mengidentifikasi pasien berdasarkan hasil konsultasi, dan selanjutnya akan dilakukan penanganan terhadap kondisi pasien.

(BACA JUGA:Terungkap! Guz Jazil Beberkan 3 Rahasia Kesuksesan Penerapan PPKM Darurat di Indonesia, Salah Satunya Mematuhi 5 M )

Melalui layanan ini, rumah sakit pun bisa melakukan skrining bagi pasien dengan gejala sedang dan berat termasuk pemberian paket obat melalui fasilitas pelayanan kefarmasian yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan.

Selain itu pasien yang hendak melakukan uji PCR juga bisa melalui layanan digital ini.

"Bagi pasien yang ingin melakukan uji PCR bisa dilakukan melalui form telemedicine yang tersedia," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Selasa 06 Juli 2021.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau masyarakat melalui peluncuran layanan telemedicine ini untuk melakukan pemeriksaan antigen hanya di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes.

(BACA JUGA:Innalillahi, Kamaruddin Askar Ketua IDI Bekasi Meninggal Dunia Hari ini Selasa 6 Juli 2021 Pasca Terpapar Covid-19, Tim Mitigasi IDI Sampaikan ini )

Platform telemedicine yang telah bekerjasama dengan Kemenkes dan dapat diakses warga DKI Jakarta melalui Play store, Apps store maupun web browser dari situs masing-masing telemedicine, kemudian klik daftar. Layanan baru telemedicine sudah bisa diakses mulai hari ini.

“Maka kita bekerjasama dengan 11 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan juga jasa pengiriman obat secara gratis.

Dibantu ditanggung oleh teman-teman telemedicine, startup, dan juga Kementerian Kesehatan,” kata Menkes  Budi Gunadi Sadikin saat Konferensi Pers secara virtual, Senin 5 Juli 2021.

jakshdkjashdkjashdkjasd
Tag Terkait:
Sumber: