Menag Gus Yaqut Tegaskan Indonesia Tidak Kirim Jamaah Haji Musim 2021, Wakil Ketua DPR RI Sebut Gegara Vaksin?


Menag Gus Yaqut tegaskan, Indonesia tidak berangkatkan jamaah haji tahun 2021||dokumen Kemenag RI

Trendingnews.Id - Setelah menunggu cukup lama dengan harap-harap cemas, akhirnya soal kuota haji jamaah Indonesia mulai terjawab.

Seperti yang dikhawatirkan beberapa pihak, bahwa Indonesia tidak dapat jatah atau kuota mengirimkan jamaah haji ke Arab Saudi pun jadi kenyataan.

Informasi sekaligus penegasan disampaikan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, Kamis 3 Juni 2021 via konferensi pers di akun Instagram.

Seperti disampaikan Menag Gus Yaqut, bahwa Indonesia memang tidak dapat memberangkatkan jamaah untuk ibadah haji di 2021 ini.

(BACA JUGA:Habib Rizieq Dituntut Pidana Hukuman Penjara 6 Tahun Terkait Kasus Swab Test RS Ummi, JPU Tuduhkan 2 Hal ini )

Hal itu tertuang dalam surat keputusan Menag RI Nomor 660 tahun 2021,  "Lewat surat tersebut, pemerintah melalui Kementerian Agama menyatakan membatalkan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H 2021 M," urai Menag Gus Yaqut dalam konferensi pers tersebut.

Pengumuman ini juga dihadiri pimpinan Komisi VIII DPR, Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Sekjen Majelis Ulama Indonesia dan Kepala BPKH.

Keputusan Menag RI Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi merupakan penundaan haji yang ke-2.

Sebelumnya, Indonesia juga tidak mengirimkan jamaah haji ke Arab Saudi pada tahun 2020, saat pandemi Covid-19 tengah merebak masif.

Tag Terkait:
Sumber: