Kalbe Nutritionals dan Hydro Coco Ciptakan Ekonomi Sirkular di MotoGP Mandalika
Kalbe Nutritionals dan Hydro Coco sudah berhasil menciptakan ekonomi sirkular dalam ajang MotoGP Mandalika, 3-5 Oktober 2025.-Weradio.co.id-Hydro Coco
MANDALIKA, Weradio.co.id — Komitmen terhadap keberlanjutan dan pemberdayaan masyarakat kembali ditunjukkan Kalbe Nutritionals melalui salah satu produknya, Hydro Coco, dalam MotoGP Mandalika, 3–5 Oktober 2025.
Selama perhelatan balap motor internasional itu, Hydro Coco mengimplementasikan program pengelolaan limbah secara menyeluruh.
Sebagai sponsor resmi MotoGP Mandalika untuk kali keempat, Hydro Coco tidak sekadar hadir sebagai mitra acara, tetapi juga membawa misi lingkungan yang kuat.
Pengelolaan sampah menjadi fokus utama, meliputi limbah kemasan produk, limbah organik seperti sisa makanan, serta limbah non-organik lain yang dihasilkan selama acara berlangsung.
BACA JUGA:Kalbe Raih Penghargaan BISRA 2025 atas Komitmen Keberlanjutan
Berkat keberhasilan ini, Kalbe Nutritionals dan Hydro Coco sudah berhasil menciptakan ekonomi sirkular dalam MotoGP Mandalika.
Untuk mendukung pengelolaan sampah yang efektif, Hydro Coco menjalin kemitraan strategis dengan pelaku lokal. Pengolahan limbah organik dan non-organik ditangani oleh UD Look Up Agro. Sedangkan, kemasan bekas produk Hydro Coco didaur ulang bersama Bank Sampah NTB Mandiri.
Program ini turut mendapat dukungan dari InJourney Tourism Development Corporation (ITDC), pengelola kawasan Mandalika, yang memiliki visi serupa dalam menciptakan sistem pengelolaan sampah yang terintegrasi, khususnya untuk penyelenggaraan event berskala besar.
Limbah Jadi Peluang
Salah satu pendekatan yang dilakukan adalah mengolah limbah organik menjadi pakan maggot dari lalat Black Soldier Flies, praktik yang telah dijalankan Kalbe Nutritionals sejak 2018 sebagai bagian dari upaya membangun ekonomi sirkular.
BACA JUGA:Kalbe Dukung Program Kesehatan di KKN Tematik Merajut Nusantara NTT
Limbah kemasan plastik bekas Hydro Coco diubah menjadi produk kerajinan fungsional yang memiliki nilai guna. Proses ini turut memberdayakan sedikitnya 50 perempuan lokal yang terlibat dalam produksi, menciptakan dampak sosial dan ekonomi yang dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar.
“Kami sangat bangga bisa menjadi bagian dari kesuksesan MotoGP Mandalika, bukan hanya sebagai sponsor, tapi juga sebagai mitra dalam menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat,” ujar Director of Marketing Kalbe Nutritionals, Daniel Christianto A, di Mandalika, Minggu, 12 Oktober 2025.
Menurut Daniel, inisiatif ini menjadi bentuk nyata komitmen perusahaan untuk bertumbuh bersama masyarakat Indonesia. Dia berharap langkah yang dilakukan Hydro Coco dapat menginspirasi lebih banyak pihak dalam dunia industri untuk berkontribusi terhadap keberlanjutan, khususnya saat terlibat dalam penyelenggaraan acara besar.